News

Mana sih yang lebih laku. Sosial Media, Marketplace, atau Website Sendiri

Author: Admin
Category: Blog
Date Created: 2019-10-23 04:27:07

Ketika kita memiliki produk untuk dijual, terkadang kita bingung, melalui apakah produk kita akan dijual secara online? Beberapa menyarankan menggunakan Sosial Media, ada juga yang menyarankan marketplace besar seperti Tokopedia.com atau Bukalapak.com, bahkan beberapa ada yang menyarankan menggunakan Website Sendiri menggunakan SEO dan SEM. Lalu melalui apakah sebenarnya sarana terbaik untuk menjual produk? Kami akan coba bahas satu per satu.


Sebetulnya, ketiga platform tersebut memang terbukti dapat menjadi platform penjualan, meskipun sebetulnya sosial media bukan merupakan sarana yang khusus untuk penjualan (bahkan terkadang cenderung mengganggu), namun justru ada beberapa usaha yang sukses berjualan di sosial media dengan cara-cara yang sopan. Jadi kebutuhan mengenai platform penjualan adalah tergantung dari media apa yang dijual dan bagaimana cara anda menjualnya.


1. Berjualan di Sosial Media.


Berjualan di Sosial Media memang menjadi salah satu cara termudah, termurah, dan terefektif karena dapat langsung menjaring masa, mulai dari teman dekat, keluarga, hingga potensi di re-share kepada orang-orang yang baru anda kenal. Namun karena memang Sosial Media fungsinya adalah sebagai media sosial bukan untuk berjualan, sebaiknya anda tidak promosi yang terlalu ekstrim dan sering karena itu cukup mengganggu. Anda dapat menggunakan gambar atau foto yang bagus, beri judul dan deskripsi menarik, perjelas harga, fitur, dan kontak anda. Apabila anda memiliki uang lebih, anda dapat menggunakan SMM (Sosial Media Marketing) untuk mengiklankan produk anda di sosial media secara berbayar, atau dapat meminta digital agency untuk melakukan SMA (Social Media Activation) menggunakan sistem sosial yang dimiliki. Salah satu contoh yang berjualan baik di sosial media adalah sebagai berikut:


Lihat penggunaan foto yang baik, disertai deskripsi yang tidak bertele-tele, kontak yang lengkap, dan diberikan hashtag untuk memudahkan pencarian.


2. Berjualan melalui Marketplace


Dengan berjualan di marketplace (Seperti Tokopedia, Bukalapak, dll), anda sebenarnya sudah dapat mempermudah menjual barang anda karena marketplace memang dibuat untuk mempertemukan pembeli dan penjual. Tantangannya disini adalah bagaimana product anda standout dibandingkan kompetitor yang mungkin banyak dengan harga yang bersaing, produk yang sama, lokasi, dan lain sebagainya. Dari pengalaman kami, salah satu yang berpengaruh dalam berjualan melalui Marketplace adalah dari segi reputasi dan harga, namun perlu kami pastikan bahwa reputasi lebih berpengaruh dibandingkan harga. Lihat contoh berikut:


Dua produk diatas merupakan produk yang sama, namun bisa kita lihat, produk yang sebelah kanan lebih murah dibandingkan dengan produk sebelah kiri. Namun demikian penjualan dan rating produk justru lebih banyak di sebelah kiri dibandingkan yang sebelah kanan, hal tersebut berkaitan dengan reputasi penjual yang ditandakan dengan medali bintang emas, sehingga resiko terjadinya ke-tidak-sesuai-an barang lebih kecil dan pembeli lebih merasa aman.


3. Berjualan di Website Sendiri


Berjualan dengan website sendiri tentu memakan dana yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan social media ataupun menggunakan marketplace, namun demikian dengan menggunakan website sendiri, anda sebenarnya sudah naik ke tahap yang lebih tinggi untuk menjual barang, dan yang dijual bukan hanya sekedar barang saja namun juga Brand anda. Contohnya ketika kita membeli barang di sosial media, ketika teman anda bertanya membeli dimana, yang anda katakan mungkin “Membeli di IG (Instagram)”, atau ketika anda membeli pakaian di Bukalapak, anda akan menjawab “Beli bajunya di Bukalapak”. Sehingga justru brand Bukalapak, Instagram, dll yang akan muncul di benak kustomer anda, bukan brand anda sendiri. Dengan menggunakan website sendiri, brand anda yang akan muncul tanpa ada embel-embel apapun, anda bisa mendesain website sesuai dengan keinginan brand anda, tentunya dengan mengedepankan fungsionalitas dan visualisasi yang baik. Anda dapat membuat website anda sendiri dengan mudah saat ini, atau anda juga dapat meminta bantuan digital agency untuk membantu membuatkan website untuk anda. Tantangan terbesarnya tentunya di marketing, anda harus siap menyediakan dana marketing untuk membuat website anda dikenal banyak orang dengan bantuak SEO (Search Engine Optimization) atau juga SEM (Search Engine Marketing). Salah satu contoh website untuk menjual produk yang menarik adalah sebagai berikut:


Nah setelah mendapat penjelasan diatas, menurut anda manakah sarana yang tepat untuk menjual produk anda?




Share: